Lomba Membuat Film Animasi


Dalam rangka menyongsong Islamic Solidarity Game yang akan dilaksanakan di Riau pada tahun 2013 mendatang, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Organisasi Wilayah (ICMI ORWIL) Riau bermaksud akan mengadakan lomba membuat film kartun bernafaskan Islam dalam bentuk animasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk partisipasi cendekiawan muslim se-Indonesia daerah Riau untuk memberi pemahaman secara mendalam kepada anak-anak didik generasi muda Islam terhadap ajaran agama yang dianutnya sejak dini melalui audio visual.

Dengan cara demikian diharapkan mereka akan dapat lebih memahami agama Islam yang sesungguhnya yang diturunkan Allah kepada umat manusia sejagat. Cerita animasi film kartun itu sengaja diambil dari episode-episode sejarah perjuangan para nabi dan rasul yang terkandung di dalam Alquran. Hal ini sangat relevan dengan firman Allah di dalam surat Yusuf ayat 3 yang artinya, “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan)nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui.” Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

Alquran banyak mengandung cerita sejarah perjuangan para nabi dan rasul Allah dalam menegakkan kalimah tauhid. Mulai dari sejarah Nabi Adam AS sampai kepada Nabi besar Muhammad SAW ada di sana. Cobalah kita baca Alquran surat Al-Baqarah ayat 30 sampai 39, Allah memberi informasi kepada tentang kejadian Nabi Adam AS dan isterinya Siti Hawa. Dalam surat Yusuf yang terdiri atas 111 ayat, hampir seluruhnya bercerita tentang Nabi Yakup (Israel) bersama dengan ke-12 orang anak-anaknya (Bani Israel) dengan pelaku utamanya adalah Nabi Yusuf. Dalam surat An Naml ayat 7 sampai dengan ayat 14, Allah memberi informasi yang sangat jelas tentang Nabi Musa yang menerima wahyu untuk pertama kalinya langsung dari Allah. Dalam ayat ini dijelaskan tatkala dalam suatu perjalanan di malam hari bersama keluarganya, Nabi Musa melihat Api. Dia pun menyeru kepada anak isterinya untuk tinggal sebentar sedangkan dia sendiri pergi menuju api itu untuk mendapatkannya. Pada saat itulah dia mendengar Allah menyerunya dengan memperkenalkan diri sebagai Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Kemudian Allah menyuruh Nabi Musa untuk melempar tongkat yang dibawanya, serta merta tongkat itu berubah menjadi ular besar yang sebenarnya yang menyebabkan Nabi Musa lari ketakutan. Ketika itu Allah mengingatkan dia agar tidak takut, karena setiap rasul tidak perlu takut di hadapan Allah SWT. Allah kemudian menyuruhnya untuk memasukkan tangan ke leher bajunya, lalu tangan itu mengeluarkan cahaya berwarna putih. Inilah dua mukjizat besar yang akan dibawa oleh Nabi Musa untuk diperlihatkan kepada Fir’aun beserta kaumnya agar mereka yakin akan kebenaran risalah yang dibawanya.

Sebenarnya banyak lagi episode-episode penting yang seharusnya diketahui oleh anak-anak generasi muda Islam. Namun kadangkala mereka jarang membaca Alquran dan tidak pula mendiskusikannya secara lebih mendalam, sehingga banyak yang tidak paham. Padahal semua cerita yang terkandung di dalam Alquran terdapat pelajaran yang sangat luar biasa pentingnya dalam memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Nabi Sulaiman termasuk salah seorang rasul yang sangat luar biasa. Dia memahami bahasa burung. Ketika dia berdialog dengan Hud-hud, burung itu mampu memberi informasi tentang sebuah kerajaan yang diperintahi oleh seorang ratu yang masih menyembah matahari. Untuk membuktikan kebenaran cerita burung Hud-hud ini Nabi Sulaiman pun mengutusnya untuk menyampaikan surat ke haribaan sang ratu yang berisikan ajakan untuk menyembah Allah. Puteri Bulqis kemudian bermusyawarah dengan para pembesarnya, untuk mencari jalan dalam menanggapi isi surat Nabi Sulaiman tersebut. Banyak pembesar mereka yang mengusulkan agar dihadapi saja Nabi Sulaiman beserta tentaranya dengan senjata atau berperang, namun hal itu tidak disetujui. Puteri Bulqis lebih memilih jalan damai dengan mengirim utusan dengan sejumlah hadiah yang diserahkan kepada Nabi Sulaiman. Ternyata Nabi Sulaiman bukanlah seorang raja seperti yang diperkirakannya. Dia adalah seorang raja dan rasul yang tidak memerlukan harta. Apa yang dianugerah Allah kepadanya jauh lebih baik dan lebih banyak dari hadiah apapun dari siapapun. Karena itu para utusan itupun pulang dengan tangan hampa.

Sebelum Putri Bulqis berserah diri kepadanya, Nabi Sulaiman menawarkan kepada para pembesar untuk memindahkan Singasana Kerajaan Putri Bulqis itu ke istananya. Ifrit dari golongan jin menawarkan diri untuk memindahkan Singasana tersebut sebelum Nabi Sulaiman beranjak dari tempat duduknya. Namun seorang yang alim dari golongan ahli kitab justru menawarkan diri untuk memindahkan Singgasana itu sebelum mata Nabi Sulaiman berkedip, sehingga tiba-tiba saja Singasana Kerajaan Puteri Bulqis sudah berada di depan matanya. Nabi Sulaiman pun langsung bersyukur ke hadirat Allah atas segala rahmat yang diterimanya.

Dia juga memiliki kemampuan yang dapat menerbangkannya kemanapun dia mau pergi. Cerita ini sungguh akan sangat menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak jika ditayangkan dalam bentuk film animasi, sehingga anak-anak yang hidup di zaman modern sekarang ini pun dapat mengetahui isi kandungan Alquran dengan mudah sejak usia dini. Inilah salah satu tujuan dari film animasi yang bernafaskan Islam yang akan diperlombakan.

Perlombaan akan terbuka bagi siapa saya yang berminat dan memiliki kemampuan untuk membuat film animasi tersebut di seluruh penjuru dunia. Mereka bisa membuatnya dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab atau pun bahasa Inggeris. Panjang film diharapkan berkisar antara lima sampai dengan 15 menit, yang ceritanya benar-benar diambil dari isi kandungan Alquran. Waktu pelaksanaan lomba insya Allah akan dilakukan dalam waktu dekat ini sampai bulan November 2011, dan para pemenang akan diumumkan dalam bulan Desember yang akan datang. Para pemenang akan memperebutkan piala Gubernur yang akan diserahkan pada pada waktu yang akan ditentukan kemudian. Juara I, II dan III insya Allah akan diundang dalam acara pembukaan Islamic Solidariy Game pada tahun 2013 yang akan datang.

Kita sangat memahami bahwa pada saat ini film-film kartun sangat banyak ditonton oleh anak-anak muslim dunia. Film-film kartun itu kadangkala sangat bertentangan dengan ajaran keislaman maupun dalam pembentukan ahlak yang mulia. Untuk itu umat Islam dunia seharusnya berusaha untuk mengimbanginya dengan membuat film-film kartun yang bernafaskan Islam, sehingga sejak dini anak-anak sudah diperkenalkan dengan cerita-cerita menarik yang terkandug dalam ajaran Islam.

Dengan pelaksanaan lomba ini diharapkan para umat Islam yang memiliki kemampuan membuat film animasi akan tergugah semangatnya untuk membaca Alquran dan ikut mengambil bagian dalam lomba ini dengan mengambil salah satu episode dari cerita yang terkadung di dalam Alquran tersebut. Juara I, II dan III dari lomba pembuatan film animasi ini insya Allah akan ditawarkan kepada panitia Islamic Solidariy Game untuk ditayangkan pada saat pembukaan Islamic Solidariy Game tahun 2013 mendatang dan akan dijadikan sebagai salah satu soevenir (cendramata) bagi para atlit dan officer yang mengikuti game tersebut. Dengan demikian diharapkan pemahaman anak-anak muda Islam dunia terhadap isi kandungan Alquran akan lebih cepat tewujud. Insya Allah. Amin.***

Sumber :

http://smkntujuh.blogspot.com/2011/04/lomba-membuat-film-animasi.html

1 Comment

  1. Mading Online says:

    Mantap sekali..Lomba ini pasti membutuhkan daya kreaifitas yang tinggi.

Leave a Reply